6 Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Simpel tapi Efektif

6 Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Simpel tapi Efektif

Mengatur gaji bulanan memang bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda adalah orang yang hobi nongkrong, belanja, atau jalan-jalan.

Ternyata kesulitan mengatur gaji bulanan ini tidak hanya terjadi pada satu dua orang. Ada banyak pegawai yang gagal dalam mengatur gaji bulanan ini. Gaji bulanan sering habis sebelum waktunya karena kebiasaan buruk yang tidak disadari. Biasanya, uang akan dihabiskan untuk membeli barang atau melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak perlukan. Atau melakukan hal yang sia-sia namun berhasil menguras uang secara tidak sadar. Tentunya jika dibiarkan secara terus menerus, tidak akan ada uang yang bisa ditabung atau digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting. Baca Juga: Inilah Ciri Perusahaan Asuransi Terbaik yang Wajib Diketahui Untuk itulah, kami telah merangkum beberapa tips simpel untuk mengatur gaji bulanan agar bisa cukup untuk kebutuhan bulanan sampai menyiapkan warisan untuk orang tercinta.

Membuat Rencana Anggaran Bulanan

Susunlah rencana pengeluaran dalam sebulan. Bagi menjadi dua bagian, satu kebutuhan primer, satu lagi kebutuhan tersier. Kebutuhan primer seperti biaya makan, transportasi, kontrakan, tagihan air dan listrik, menabung, serta cicilan yang harus dibayarkan. Sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan tersier, seperti jalan-jalan, makan di luar, jalan-jalan, dan sebagainya. Rencana anggaran ini digunakan sebagai patokan saat akan mengeluarkan uang nantinya.

Bayar Cicilan Dan Tagihan

Saat hari gajian sudah tiba, Anda harus dengan segera membayarkan segala biaya tagihan dan cicilan. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda bisa mengatur sisa uang untuk kebutuhan yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Misalnya saja makan, Anda bisa mengatur menu makanan supaya cukup untuk hidup sebulan.

Buat Buku Keuangan

Langkah selanjutnya adalah membuat buku khusus yang memuat segala jenis pemasukan dan pengeluaran Anda. Ini bisa dijadikan bahan untuk mengevaluasi pengeluaran yang penting dan tidak. Perhatikan segala jenis pengeluaran yang Anda lakukan sebulan silam, kemudian tentukan apakah pengeluaran tersebut penting atau tidak, sehingga Anda bisa mencegah pengeluaran yang sama di bulan yang akan datang. Untuk itu, selalu luangkan waktu Anda untuk menuliskan jurnal tersebut.

Miliki Minimal Dua Rekening

Tips yang satu ini terbilang sangat efektif untuk membantu mencegah uang Anda terbuang dengan sia-sia, dimana Anda bisa menyediakan dua rekening untuk membagi uang Anda. Satu rekening digunakan untuk menabung dan satu lagi digunakan untuk pengeluaran harian Anda. Dengan hal ini, Anda akan berpikir dua kali saat ingin mengeluarkan uang agar tidak sembrono dan tidak hati-hati.

Siapkan Dana Darurat

Selalu menyisihkan dana untuk kebutuhan darurat juga sangat dibutuhkan. Ini bisa Anda manfaatkan jika di masa mendatang terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan membutuhkan uang yang tidak sedikit. Cara menyisihkan uang untuk dana darurat ini bisa melalui asuransi. Ketika Anda membeli polis asuransi untuk jiwa, kesehatan, maupun pendidikan, akan bisa membantu Anda dalam mengelola risiko yang terjadi di masa mendatang. Bahkan, untuk asuransi jiwa dan pendidikan bisa Anda jadikan sebagai warisan.

Investasi

Cara selanjutnya untuk menjaga keuangan, adalah melakukan investasi. Solusinya, Anda Anda bisa bekerjasama dengan berbagai pihak. Misalnya saja reksadana, asuransi investasi, atau memiliki benda bernilai harga tinggi seperti logam mulia. Investasi melalui asuransi merupakan salah satu cara termudah untuk bisa memperoleh keuntungan ganda. Jadi, selain Anda menyisihkan uang untuk perlindungan jiwa, juga dapat memperoleh keuntungan dari investasi yang dilakukan. Keuntungan investasi melalui asuransi juga bisa dimanfaatkan sebagai warisan. Jadi jika suatu saat Anda meninggal, uang pertanggungan dan hasil investasi bisa diwariskan kepada keluarga dan orang yang dicintai. Salah satu perusahaan asuransi yang bisa membantu mengatur perlindungan jiwa dan investasi adalah Hanwha Life. Perusahaan asuransi ini terpercaya dan aman.  Baca Juga: Mengelola Risiko Kehidupan Dengan Asuransi Cari tahu lebih lanjut tentang Hanwha Life Insurance dan jasa asuransi yang ditawarkan disini!
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *