Langkah Tepat Saat Memulai Bisnis Sebagai Pemula

Langkah Tepat Saat Memulai Bisnis Sebagai Pemula

Memiliki usaha atau berbisnis saat ini adalah hal yang sangat umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Berbagai kalangan berlomba-lomba merintis usaha dengan berbagai tujuan. Alasannya pun beragam, ada yang karena sudah keluar dari kantor lama atau resign dan bertujuan untuk terus berpenghasilan. Ada pula yang mencoba peruntungan di dunia bisnis. Banyak yang berhasil mengukuhkan diri sebagai pengusaha. Namun, tak sedikit pula yang justru terhempas sebelum bisa menapak di lapak bisnisnya sendiri. Dari banyaknya yang mengalami pengalaman jatuh bangun merintis usaha bahkan sampai bisa mendatangkan peluang usaha lain yaitu pelatihan atau seminar bisnis. Tujuannya tentu untuk membantu para pengusaha baru ini melejitkan omzet dan bertahan di bisnis yang sudah dipilih. Meski begitu, terkadang masih banyak pelaku bisnis yang melewatkan fondasi dasar dalam membangun bisnis. Baca Juga: Asuransi Sangat Penting bagi Keluarga – Ini Buktinya Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan dalam merintis bisnis bagi seorang pemula? Berikut penjelasannya.

Tentukan Bisnis

Ini adalah rencana pertama sebelum Anda mulai mencari modal usaha. Tentukan jenis bisnis yang ingin Anda jalankan dan apa alasannya. Anda harus temukan jawabannya terlebih dahulu sebelum melangkah ke langkah selanjutnya. Dalam menemukan bisnis, bisa jadi Anda bingung tetapi Anda punya semangat merintis usaha. Maka itu, pastikan untuk tidak terburu-buru. Jika menemui kesulitan, Anda bisa lihat dari dua sisi yaitu dari yang tengah booming atau dari yang Anda sukai dan di sekitar Anda. Misalnya, Anda suka otomotif, Anda bisa mulai dari menjual spare part atau aksesoris kendaraan bermotor. Mungkin juga sedang booming buku-buku bisnis. Anda bisa menjual buku-buku bisnis yang tengah digandrungi masyarakat luas.

Modal

Modal usaha bisa didapat dari mana saja. Bisa dari tabungan, aset yang dimiliki, atau investasi dari para investor. Mungkin Anda bisa berkolaborasi dengan pengusaha sukses yang sama bidangnya dengan bisnis yang sedang Anda rintis. Sebagian besar pengusaha juga mendapat suntikan dana dari pinjaman bank. Pastikan Anda membayar angsuran bank dengan teratur supaya kredibilitas Anda dan nama usaha Anda tetap baik.  

Tenaga Kerja

Semua usaha pasti memerlukan tenaga kerja. Meskipun hanya terdiri dari sedikit anggota. Bahkan, tidak sedikit orang yang memulai usaha dengan dirinya sendiri menjadi bos dan istrinya menjadi asisten. Merintis usaha dari rumah tangga hingga akhirnya bisa punya banyak tenaga kerja banyak sekali ditemukan di masyarakat bisnis Indonesia. Tenaga kerja perlu dibimbing terus agar usaha Anda berjalan lancar. Bimbingannya tidak hanya berupa pelatihan kerja, tetapi juga bimbingan moril seperti pujian dan perhatian saat hasil kerjanya bagus dan juga bonus-bonus berupa materi.

Asuransi

Membeli asuransi jiwa untuk diri Anda sendiri sebagai pemilik usaha sangat penting dilakukan. Karena Anda akan terus mengantarkan bisnis ini sampai berhasil dan sukses berkesinambungan, maka Anda perluterproteksi dengan baik. Asuransi kini juga tidak hanya sekedar memberikan perlindungan jiwa, namun juga dapat membantu anda dalam mengatur investasi sebagai modal dasar dalam usaha. Dalam memilih asuransi ini, Anda perlu melihat kredibilitas perusahaan asuransinya, agen-agennya, dan produknya. Jangan sampai Anda salah pilih asuransi. Salah satu perusahaan terbaik yang ada di negeri kita adalah Hanwha Life.  Baca Juga: 6 Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Simpel tapi Efektif Dengan langkah-langkah yang kami tuliskan di atas ini, diharapkan Anda mampu merintis usaha dengan benar dan tepat. Anda bisa menghubungi kami disini untuk keterangan lebih lengkap.
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *