Mengatasi Risiko Dalam Berbisnis

Mengatasi Risiko Dalam Berbisnis

Menjalankan suatu bisnis tentu saja tidak selalu berjalan dengan mulus. Risiko yang dapat mengancam keadaan perusahaan tidak lah jarang ditemukan oleh seorang pembisnis.

Banyak pembicara pada seminar bisnis yang sering mengatakan kalau bisnis hanya dapat bertahan jika dilakukan oleh orang-orang yang keras, tahan banting, tough dan penuh perhitungan. Pendapat ini sangat benar adanya. Karena bisnis seperti rimba raya yang kita tidak akan pernah tahu akan menemui kendala atau risiko seperti apa sebelum menemukan danau yang menyegarkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui risiko apa saja yang mungkin ditemui selama berbisnis. Serta bagaimana cara mengatasinya. Berikut penjelasannya.

Persaingan Bisnis

Hidup ini memang tidak akan pernah luput dari yang dinamakan persaingan. Di sekolah saja dulu, kita kerap menemui persaingan antar teman sekelas, bukan? Bisnis pun punya kelas persaingannya sendiri. Mulai dari persaingan kualitas, letak tempat usaha, marketing atau pemasaran, pelayanan, dan harga. Seorang pengusaha yang kuat sering menjadikan risiko ini layaknya tantangan yang harus dilewati. Dia akan terus berinovasi agar dapat memenangkan hati para pelanggannya dan menjadi pemenang dalam persaingan bisnis ini. Baca Juga: Langkah Tepat Saat Memulai Bisnis Sebagai Pemula

Kerugian

Risiko ini tentu sangat dihindari oleh para pengusaha. Namun, sekali lagi yang perlu kita ketahui bahwa bisnis itu penuh dengan risiko yang perlu ditanggung. Kerugian sendiri dapat berupa material dan immaterial. Kerugian material biasanya disebabkan oleh kesalahan perhitungan, human error, terjadi penipuan dari sisi tenaga kerja ataupun pihak ketiga yang bekerja sama dengan kita. Sementara itu, kerugian immaterial contohnya adalah hilangnya kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang kita jalani dan tenaga kerja yang kerap melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan kerugian.

Kondisi Pasar Yang Tak Stabil

Sebanyak apapun barang kita produksi tetap saja akan kalah dengan kondisi pasar yang tidak stabil. Kondisi ini disebabkan oleh kondisi ekonomi yang menurun. Sehingga daya beli masyarakat juga ikut menurun meskipun di sisi lain mereka sangat membutuhkan produk tersebut. Oleh karena itu, diperlukan kekuatan tim marketing dengan segenap inovasinya agar dapat meningkatkan jumlah penjualan dalam kondisi seperti ini.

Kebangkrutan

Seringkali usaha yang sudah berjalan begitu lama dan sangat menguntungkan justru mengalami kebangkrutan seketika karena beberapa sebab. Salah satunya, pemilik usaha menderita penyakit kritis dan membutuhkan pengobatan intensif yang memakan banyak biaya. Selain itu, 3 risiko di atas juga dapat menjadi penyebab kebangkrutan pada sebuah usaha.

Cara Mengatasi Risiko Bisnis

Mengatasi risiko bisnis selalu menjadi pekerjaan rumah sang pengusaha. Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai solusi dari risiko-risiko yang sangat merugikan tersebut.
  1. Kenali dengan benar permasalahan yang sedang dialami usaha Anda. Setelah mengetahui masalahnya, Anda dapat mengajak orang-orang dengan keahlian tertentu untuk membantu Anda dalam mencari solusi.
  2. Melakukan inovasi ter-update. Berapa banyak usaha yang telah lama dirintis kemudian merugi. Namun, mereka dapat kembali bangkit dengan melakukan inovasi yang disukai oleh masyarakat pada masanya. Misal, vlog merupakan hobi yang cukup digemari saat ini. Mungkin Anda dapat melakukan pendekatan marketing dengan mengadakan lomba vlog berhadiah untuk produk Anda.
  3. Memisahkan pendapatan usaha dengan pendapatan pribadi. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu biaya operasional usaha dengan biaya hidup Anda pribadi.
  4. Menggunakan asuransi. Sejak awal mendirikan usaha, sebaiknya Anda diharuskan untuk memiliki asuransi jiwa. Agar ketika Anda mengalami risiko terkena penyakit kritis maupun kematian, usaha Anda masih dapat tertolong.
Untuk mendapatkan produk asuransi terbaik dan tepat untuk Anda, hal yang perlu Anda pastikan adalah jasa asuransi yang Anda gunakan terpercaya. Seperti Hanwha Life Insurance, agen-agen yang sangat informative sehingga Anda akan mendapatkan produk yang tepat. Baca Juga: Ikuti Tips Berikut ini Untuk Mempertahankan Usaha Seusai Krisis Untuk mengetahui informasi mengenai produk asuransi yang tepat untuk Anda, silahkan klik di sini.
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

1 + three =